Potret Buram Gen Z di Sistem Kapitalime


Upaya menjadi generasi khoiru ummah pun harus diselaraskan dengan keinginan generasi ini untuk belajar dan mengkaji tsaqofah Islam agar paham dengan penerapan-penerapannya

Sehingga ketika generasi ini paham dengan Islam akan dapat menjalankan syariat Allah dengan benar


Penulis Sri Yana S.Pd.I.

Pegiat Literasi 


Matacompas.com, OPINI -- Lagi-lagi kini berita pembunuhan banyak berseliweran di media sosial. Namun kali ini beritanya pembunuhan yang dilakukan remaja berumur 16 tahun. Sebagaimana yang dilansir news.republika.co.id, 8/2/2024  bahwa Kepolisian Resor Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur, mengungkap kasus pembunuhan oleh seorang remaja berinisial J (16 tahun) terhadap satu keluarga berjumlah lima orang. Diduga motif pembunuhan yang terjadi di Desa Babulu Laut, Kecamatan Babulu karena persoalan asmara dan dendam pelaku terhadap korban. Antara pelaku dengan korban saling bertetangga.


Astagfirullah, miris sekali mendengar beritanya, apalagi orang-orang terdekat disekitarnya. Karena memang tidak dimungkiri iman seseorang akan terus merosot apabila sering bermaksiat. Memang kejadiannya remaja tersebut sedang dalam keadaan mabuk. Pertanyaannya kenapa generasi saat ini bisa separah ini, yaitu menghabisi satu keluarga sekaligus? Ini menunjukkan keprihatinan yang sangat darurat terhadap generasi sekarang. Di mana generasi saat ini saat rentan sekali yang lebih dikenal dengan generasi strawberry. Generasi yang mudah gabut, mudah futur, mudah putus asa, lebih banyak bersama elektronik atau handphone. Sebagaimana media sosial menyebutnya generasi Z. Gen Z adalah generasi yang berada pada tahun 1995-2012, yaitu sekitar umur 29-12 tahun. 


Generasi Z inilah yang saat ini merupakan populasi terbanyak pertama dari generasi-generasi lainnya, dan yang kedua adalah generasi milenial. Oleh karenanya Gen Z ini yang akan banyak berperan dalam kehidupan masyarakat karena jumlahnya yang teramat banyak. Namun sangat disayangkan gen Z ini harus banyak dibimbing dan diarahkan agar menjadi generasi unggulan. Karena tanpa disadari generasi saat ini sudah dicengkram oleh sistem kapitalis sekuler. Sekuler telah merasuki jiwa-jiwa umat terutama Gen Z mulai dari rendahnya taraf berpikirnya, hingga kenekatan yang mereka lakukan. Rendahnya taraf berpikirnya sampai bisa gara-gara handphone saja rela bunuh diri. Begitu pula kenekatan terjadi dengan bisa menghabisi satu keluarga karena asmara dan dendam. 


Dari kejadian tersebut dapat dipastikan remaja bisa berbuat seperti itu karena kurangnya iman dan takwa kepada Allah Swt.. Keluarga, lingkungan, masyarakat, serta negara yang menjadi media pembelajarannya tidak menjadikannya individu yang baik akhlaknya bahkan menjadikannya individu yang rusak. Tidak dapat diterima nalar bahkan anak yang baru remaja bisa sekejam dan sebiadab itu.


Oleh karenanya mari campakkan sistem sekularisme. Sistem yang telah merusak generasi ini menjadi generasi lemah, malas, serta mudah marah. Karena sejatinya generasi adalah tonggak peradaban yang menjadikan generasi khoiru ummah. Sebagaimana firman Allah Swt.:

Kamu (umat Islam) merupakan umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia (selama) kamu menyuruh (berbuat) yang makruf, mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. (QS. Ali Imran: 110)


Sungguh istimewanya generasi saat ini yang diberikan gelar khoiru ummah dengan diperintahkan berbuat yang makruf dan mencegah kemungkaran. Ketika hal-hal tersebut dijalankan insya Allah generasi sekarang akan menjadi generasi khoiru ummah. Namun upaya menjadi generasi khoiru ummah pun harus diselaraskan dengan keinginan generasi ini untuk belajar dan mengkaji tsaqofah Islam agar paham dengan penerapan-penerapannya. Sehingga ketika generasi ini paham dengan Islam akan dapat menjalankan syariat Allah dengan benar. Yuk, mari bergabung dalam jamaah dakwah Islam bersama Islam kafah agar generasi tak menjadi potret buram Gen Z yang hanya bisa hura-hura saja. Namun menjadi generasi emas seperti yang dicontohkan pada masa Islam berjaya, seperti Muhammad Al Fatih yang menaklukkan konstantinopel pada umur 21 tahun.

Wallahualam bissawab.

Potret Buram Gen Z di Sistem Kapitalime

Labels:

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.