Pentingnya Adab sebelum Ilmu

 


Terus belajar dan memahami lebih dalam tentang Islam dapat membantu kita memperbaiki akhlak dan adab kita dalam kehidupan sehari-hari

Komitmen untuk selalu taat pada hukum Islam akan membentuk dasar yang kuat, etika, dan moral kita. Dan dengan adab yang baik, kita akan lebih mudah menerima ilmu dan menebar manfaat kepada masyarakat melalui pengetahuan kita


Matacompas.com, Surat Pembaca -- Apabila kita lihat kondisi anak-anak di luar sana ada banyak anak-anak yang membutuhkan pendidikan. Namun karena masalah ekonomi yang ditanggungnya mereka telah memilih untuk bekerja daripada belajar, padahal ilmu sangat diperlukan untuk berlangsungnya kehidupan ini.


Maka dari itu kita sebagai pelajar Harusnya bersyukur karena Allah memberi kita keluasan rezeki sehingga kita bisa bersekolah. Rasa syukur itu harusnya kita tunjukkan dengan bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu juga mengamalkan adab-adab kepada guru-guru kita.


Bahkan ilmu bisa merubah sebuah peradaban yang  kelam menjadi sebuah peradaban yang gemilang. Bisa kita lihat dari sejarah Islam, bahwa Islam pernah berdiri dan maju selama 13 abab lamanya dan salah satu penyebabnya adalah karena ilmu pada masa itu.


Namun bukan ilmu saja yang penting, adab-adab dalam menuntut ilmu juga penting. Bisa dilihat banyak pelajar yang bisa bersekolah  mereka datang ke sekolah hanya sekedar formalitas agar tidak dimarahi oleh orang tua juga guru. 


Hal itu bisa terjadi karena pendidikan saat ini mengedepankan prestasi juga nilai-nilai di atas kertas semata dari pada mengedepankan suatu ilmu itu sendiri menjadi lebih berkah yaitu adab.


Pendidikan saat ini juga lebih mementingkan para pelajarnya yang pintar dari pada beradab. Padahal adab itu penting. Para Ulama saja belajar adab lebih lama dari pada ilmu, saking penting ilmu itu sendiri dan saking takutnya tidak berkah ilmu itu. Kebanyakan pelajar saat ini lebih mengedepankan nilai dari pada adab padahal apalah arti nilai hanya angka di atas kertas. 


Adab adalah pondasi dari ilmu dan yang paling utama dari adab adalah menghormati guru. Jika kita bodoh tapi guru kita rida pada kita, itu lebih baik dari pada kita pintar tapi guru kita tidak rida pada kita.


Tentu, penting untuk menjaga hubungan yang baik dengan guru kita. Jika kita merasa pernah membuat kesalahan atau tidak menghormati mereka, segera temui guru tersebut, minta maaf dengan tulus, dan berkomitmen untuk belajar dengan lebih baik ke depannya. Kejujuran dan sikap hormat kepada guru adalah hal yang sangat penting.


Untuk itu, terus belajar dan memahami lebih dalam tentang Islam dapat membantu kita memperbaiki akhlak dan adab kita dalam kehidupan sehari-hari. Komitmen untuk selalu taat pada hukum Islam akan membentuk dasar yang kuat, etika, dan moral kita. Dan dengan adab yang baik, kita akan lebih mudah menerima ilmu dan menebar manfaat kepada masyarakat melalui pengetahuan kita. 


Hormati guru-guru kita adalah salah satu langkah penting dalam perjalanan pembelajaran. Semoga ilmu yang kita dapatkan selalu membawa manfaat dan berkah. Yuk, semangat!


Fauziah Kamila Salsabila

Pelajar SMP Nasa KBB

Pentingnya Adab sebelum Ilmu

Labels:

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.