Lakukan Tiga Hal ini di Bulan Muharram, Kamu Akan Mendapatkan Keistimewaan



Hari ini Rabu Tanggal 19 Juli 2023 Bertepatan dengan 1 Muharram 1445 H berdasarkan kalender Islam. 


1 Muharram merupakan penanggalan tahun baru Islam. Bagi umat Islam, bulan Muharram memiliki keistimewaan. 


Peringatan 1 Muharram di negeri ini diperingati secara nasional, dimana setiap 1 Muharram ditetapkan sebagai hari libur nasional ditentukan dengan tanggal merah pada kalender.


Berbagai perayaan dan keramaian diadakan dalam menyambut 1 Muharram atau yang lebih dikenal disebut tahun baru Islam ini.


Berbagai perlombaan yang bernuansa islami digelar dalam menyambut pergantian tahun Hijiriah. Dan yang paling semarak dilaksanakan di negeri ini adalah pawai obor, hampir setiap daerah dilaksanakan pawai obor pada malam 1 Muharram.


Bulan Muharram adalah salah satu bulan istimewa karena termasuk salah satu bulan al-asyhur al-hurum atau bulan-bulan yang dimuliakan, selain Dzulhijjah,Rajab, dan Dzulqaidah. 


Dimana dalam bulan Muharram merupakan salah satu bulan dilarang melakukan peperangan.


Keutamaan Muharram tercantum dalan Al-Quran Surat At-Taubah ayat 36. Bulan ini merupakan salah satu bulan yang mulia.


“Sungguh bilangan bulan pada sisi Allah terdiri atas dua belas bulan, dalam ketentuan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketentuan) agama yang lurus. Janganlah kamu menganiaya diri kamu pada bulan yang empat itu. Perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka memerangi kamu semuanya. Ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (Surat At-Taubah ayat 36).


Selain dalam firman Allah SWT, keutamaan bulan Muharram juga disebut Rasulullah SAW dalam hadis shahih,

أفضل الصيام بعد رمضان شهر الله المحرم

Artinya: “Puasa yang paling utama setelah Ramadhan ialah puasa di bulan Allah, Muharram.” (HR Muslim).



Dalam hadits lain, disebutkan:

جاء رجل إلى النبي ضلى الله عليه وسلم فقال: أي الصيام أفضل بعد شهر رمضان؟ قال: شهر الله الذي تدعونه المحرم

Artinya: “Seseorang datang menemui Rasulullah SAW, ia bertanya, ‘Setelah Ramadhan, puasa di bulan apa yang lebih afdhal?’ Nabi menjawab, ‘Puasa di bulan Allah, yaitu bulan yang kalian sebut dengan Muharram.” (HR Ibnu Majah)


Inilah 3 Hal yg dianjurkan dilakukan di bulan Muharram


1. Puasa Tasua dan Asyura

Puasa Asyura ialah ibadah yang dijalankan pada 10 Muharram, sebelum ibadah puasa tersebut, dianjurkan memulai dengan puasa Tasua 9 Muharram.


Umat Muslim memang dianjurkan sebelum melakukan puasa Asyura untuk melakukan puasa Tasua terlebih dahulu hal ini karena umat Yahudi juga sering berpuasa pada 10 Muharram, sehingga untuk membedakan dengan mereka maka umat Muslim dianjurkan untuk puasa Tasua pada 9 Muharram

 

2. Sedekah

Sedekah merupakan amalan yang sangat baik, apalagi dilaksanakan pada bulan Muharram, karena Muharram dikenal juga sebagai bulannya “bersedekah” karena pada saat bulan Muharram semua amalan kebaikan diberi pahala yang berlipat.


Salah satu amalan dalam bersedekah yang paling diutamakan adalah menyantuni anak yatim sekalian dengan mengusap kepalanya.


3. Menjalin silaturahmi

Menjalin silaturahmi merupakan amalan yang sangat baik apalagi dibulan Muharram, oleh karena itu sangat dianjurkan menjalin silaturahim dengan saling mengunjungi. 


Semoga Muharram Kali ini Jadi Tahun Terbaik Kita Semua, menjadi lebih taat dalam menjalankan segala perintah Allah dan menjahui segala larangan -Nya. (*) 

Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.