Jangan Lakukan ini di Bulan Muharram, Dosanya Berlipat Ganda



Muharram Merupakan Bulan Allah, bulan yang istimewa dari bulan lainnya, bulan yg dianjurkan untuk memperbanyak segala bentuk ibadah sunah, dan dilarang melakukan perbuatan maksiat. 


Perbuatan maksiat merupakan hal yang sangat dibenci oleh Allah, maka setiap hamba Allah dilarang  bermaksiat tidak hanya di bulan Muharram saja, di bulan lain pun dan kapan saja selagi masih hidup kita dilarang untuk melakukan kemaksiatan. 


Adapun larangan atau yang sebaiknya tidak dilakukan saat Muharram antara lain:


1. Melakukan maksiat

Berbuat maksiat sangat dilarang bagi umat muslim, dan pada bulan Muharram lebih ditekankan lagi larangan melakukan maksiat.


Pada bulan Muharram perbuatan maksiat akan dikenakan balasan berlipat.


Maksiat di sini dapat berupa meninggalkan salat, memakan uang haram, berzina, mengonsumsi makanan tidak halal, mabuk-mabukan, dan perbuatan maksiat lainnya yg dilarang Allah. 


2. Melakukan bid'ah

Bid'ah adalah perbuatan yang tidak pernah diperintahkan maupun dicontohkan oleh Rasulullah SAW, tetapi dilakukan oleh sekelompok masyarakat dalam periode sesudah Nabi Wafat

Adapun Sekelompok orang memperingati Hari Karbala yang terjadi saat Muharram dengan cara melukai dirinya sendiri. Hal ini termasuk bidah dan tidak diperbolehkan karena tidak terdapat anjuran menyakiti diri sendiri dalam Alquran dan hadits. 


3. Berperang dan membunuh

Pada Muharram, dilarang untuk berperang. Peperangan bukan hanya mengangkat senjata, membunuh, dan memerangi orang zalim melainkan berperang dapat diartikan berselisih. Oleh sebab itu, jauhilah perselisihan dengan orang lain terutama di bulan haram. Karna perselisihan hanya akan mendatangkan Mudharat dan kemurkaan Allah. (*)

Labels: ,

Posting Komentar

[facebook]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.